Wednesday, March 25, 2020

Adas (Foeniculum vulgare) masuk ke dalam keluarga wortel (Apiaceae). Adas berasal dari Eropa selatan dan Asia Kecil. Dibudidayakan di daerah beriklim sedang di seluruh dunia dan dianggap sebagai spesies invasif di Australia.

Tanaman yang dibudidayakan tingginya sekitar 1 meter dan memiliki tangkai dengan daun halus yang terdiri dari banyak segmen linier atau berbentuk penusuk.

Umbel majemuk keabuan menanggung bunga kuning kecil. Buah-buahan kering kecil berwarna coklat kehijauan sampai coklat kekuningan, sekitar 6 mm. Benih mengandung 3 hingga 4 persen minyak atsiri dengan komponen utamanya adalah anethole dan fenchone.

Adas (invasive-eats.com)


Adas raksasa (Ferula communis), berasal wilayah Mediterania. Batangnya tumbuh setinggi sekitar 3 meter dan digunakan untuk sumbu. Adas Hog, atau gulma belerang (Peucedanum officinale), adalah anggota lain dari keluarga Apiaceae dan digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa bagian Eropa.

Bunga adas, atau jintan hitam (Nigella sativa), adalah tanaman yang tidak termasuk keluarga Ranunculaceae, bijinya digunakan sebagai bumbu.

Semua bagian tanaman aromatik dan digunakan dalam penyedap. Adas dengan umbi pada bagian pangkalnya, Florence fennel (varietas azoricum) bisa dimakan sebagai sayuran. Minyak yang diekstraksi dari biji adas manis bisa digunakan untuk membuat aroma sabun dan parfum. Juga untuk bumbu dan obat.

Tanaman adas yang dibudidayakan paling umum disebut Florence adas, dan sebagian besar tanaman dapat dimakan. Umbi adas segar memiliki tekstur renyah ketika dimakan mentah. Daun adas segar hijau cerah menambahkan aroma rasa pahit aromatik sebagai hiasan untuk hidangan gurih atau manis, atau dimasukkan ke dalam salad dan saus.

Biji adas adalah bumbu penting di seluruh India, Afghanistan, Iran, dan seluruh Timur Tengah, terlihat dalam campuran seperti garam masala atau panor phoron, serta bubuk lima rempah Cina. Merupakan bumbu utama dalam banyak sosis Italia.

Adas mengandung banyak serat makanan, mencakup lebih dari 25 persen dari nilai kebutuhan tubuh harian, serta potasium, yang sangat penting dalam menjaga tekanan darah rendah. Ada vitamin A, C, B6, dan sejumlah lainnya,menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Lamia Herbs . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates