Tuesday, January 29, 2019


Pertama kali diperkenalkan oleh Dr. WF. Gericke di Universitas California, Amerika Serikat, teknik hidroponik semakin digemari. Metode bercocok tanam tanpa menggunakan tanah ini diminati oleh banyak orang untuk tujuan komersial atau sebatas menyalurkan hobi. Metode yang digunakan juga ada bermacam-macam, sesuai dengan jenis tanaman dan keinginan.

Dengan memakai cara menanam hidroponik, Anda bisa menanam di mana pun dan pada lahan yang terbatas. Anda bisa menggunakan bahan bekas dan bisa menggantungkannya di tembok. Tidak hanya itu saja, media bertanam menggunakan air ini bisa mengasah kreativitas Anda untuk mengolah dan menciptakan media baru untuk bercocok tanam. Menanam dengan hidropobik juga tidak membutuhkan media tanam tanah, sehingga akan terlihat lebih bersih dan rapi pada lahan rumah Anda yang sempit.

Hidroponik sistem Wick menjadi teknik budidaya hidroponik yang banyak digunakan oleh pemula. Teknik ini cukup sederhana sebab dapat menggunakan berbagai bahan dan alat sederhana yang mudah di temukan di rumah. Dalam teknik ini, sama seperti lampu yang menggunakan sumbu, dimana api akan menyala karena adanya bahan bakar yang naik kepermuakaan sumbu. Budidaya menggunakan sistem wick ini, terdapat dua lapisan wadah yang digunakan dimana bagian atas berisi media tanam, sedangkan wadah  bagian bawah berisi cairan nutrisi. Kedua wadah disambungkan dengan sumbu yang nantinya akan membawa nitrisis naik kepermukaan media sebagaimana air yang cocok untuk hidroponik. Sumbu bisa menggunakan kain atau sumbu kompor, yang penting bisa menjadi jalur untuk merembesnya air ke tanaman. Media tanam di bagian atas bisa menggunakan pecahan genteng, kerikil, batu, atau rockwool untuk tempat melekatnya akar.

Image result for hidroponik wick sederhana



Tanaman akan di tanam pada media tanam, sehingga tanaman akan mendapatkan nutrisi dari wadah bagian bawah. Teknik ini sangat sederhana dan dapat menjadi cara untuk menanam hidroponik bagi anda selaku pemula. Kelebihan sistem ini adalah harganya yang murah dan bahan-bahannya mudah ditemukan. Cocok untuk Anda yang baru mulai belajar menanam sayuran. Yang paling penting adalah jaga agar cairan nutrisi tida kering, kotor atau berlumut.

Sistem wick sebaiknya digunakan untuk jenis tanaman sayuran semusim kangkung, sawi, bayam dan juga jenis sayuran yang relatif berukuran kecil. Selamat mencoba.


Lamia Herbs . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates